Minggu, 28 Agustus 2016

Banyuwangi (Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Grand Watu Dodol) dan Gilimanuk Bali

DUO GADIH MINANG KA PAI MALALA



11 Agustus 2016


Selamat pagi…….
Iya pagi gue hari ini ya jam 05:30 WIB, serius dah enggak bohong. Ceritanya nanti jam 10:30 gue sama partner jalan-jalan gue kali ini yaitu Lisa akan berangkat dari stasiun pasar senen Jakarta ke stasiun Surabaya gubeng di tiket sih sampai tanggal 12 agustus 2016 jam 01:25 WIB.

Dimulai pagi ini gue berangkat dari rumah gue yang lumayan agak jauh dari pasar senen, eh ralat deng bisa dibilang jauh dari…….. ah sudahlah gak penting alamat rumah gue, jujur sampe sekarang gue aja gak hafal alamat rumah gue hahahahahahahhahaahaha. Dari rumah, gue dianter sama nyokap terus gue singgah dulu ke rumah kakak gue. Soalnya kakak sama keponakan gue, si botak alias raihan mau ikut nganterin gue sampe stasiun katanya :’)
Dari rumah kakak, kita berangkat jam 08:30 dikira enggak akan macet soalnya kan hari kamis dan jam nya pun udah bukan jam orang berangkat kerja juga. Eh ternyataaaaaaaaaaaaaaaaa macet parah. Gokil dah, pokoknya ini bakal jadi pelajaran buat besok-besok gak akan deh gue berangkat mepet-mepet lagi hehehehehe
Di jalan gue mikirnya apa cukup ini sampe sebelum jam 10:30? Udah panik sepanik-paniknya dah pokoknya. Di perjalanan menuju stasiun gue pun sambil searching-searching tiket kereta api yang berangkat nanti siang, kali aja kalo ketinggalan kereta pagi ini, nanti gue dapet yang lebih siangan dikit. Gak lama gue tanya lisa dia udah sampe dimana? Eh ternyata dia masih di palmerah kejebak macet juga padahal udah jam 09:34 WIB. Wah parah juga nih kalo kaya gini awkwkwkwkwkwk
Dan akhirnya…………………………………………………………………………………………
Jam menunjukan pukul 10:01 WIB, alhamdulillah gue dan keluarga sampai dengan selamat di stasiun. Tapi lisa belum sampe juga, yaudah gue tinggal ngeprint tiket dulu dah kali aja abis ngeprint tiket dia dateng. Tapi selesai gue ngeprint tiket, lisa belum nongol juga. Wah alamat beli tiket berangkat yang agak siangan nih kayanya……… Eh ternyata jam 10:15 WIB si lisa muncul sama pangeran berkudanya, hayooo siapa tebak? Sebut saja no name ya awkwkwkwk *peace ya lis* :p

Akhirnya kita langsung masuk kedalam, dan langsung cari kursi  kita. Nah kursi kita yaitu 22D dan 22E. Di depan kursi lisa udah ada ibu-ibu yang duduk, gak lama kemudian di depan kursi gue ada seorang mbak-mbak yang duduk. Oke, seenggaknya lega deh yang duduk di depan gue cewe semua. Selama perjalanan menuju ke Surabaya kita ngobrol sama ibu-ibu didepan itu, kalau gak salah namanya bu ulfa deh dan dipanggilnya ummah. Orangnya baik, oh iya dia nanti turunnya di jombang karena anaknya pesantren di sana. Oh iya pas ummah turun gue di kasih brownies buatan dia loh, dan rasanya pun enak banget jadi pengen lagi -,-

Sebelum berangkat

Sebelum berangkat 2

Sebelum berangkat 3

Sebelum berangkat4

Ummah

Mbaknya

Jomblo gak boleh baper

Jomblo gak boleh baper 2

12 Agustus 2016


Nah ceritanya udah jam 01:25 dan udah sampe stasiun Surabaya gubeng juga. Bingung sebenernya mau ngapain lagi, soalnya kereta ke banyuwanginya baru berangkat jam 04:25. Lah terus jadi gembel stasiun dah kita, langsung duduk ngemper di lantai stasiun huhuhuhuhuhuhuhuhuhu
Oh iya samping kita duduk, maksudnya ngemper di lantai itu ada segerombolan cowo sunda. Pas gue denger mereka ngomong sunda sih kayanya mau ke banyuwangi juga. Ah sudah lah gak penting juga sih ya…………….
Kalo lagi ditungguin kok paginya jadi lama ya hffftttttttt, akhirnya kita mutusin buat beli popmie lumayan dah ngeganjel perut yang kelaperan awkwkwkwkwkwkwk *makan terus*. Oh iya sekalian beli tiket Malang – Surabaya, sama Surabaya - Jakarta.

Surabaya gubeng


Kereta ku sudah datang……………………………………….………….………………………
Akhirnya kereta probowangi datang juga, bisa lanjut tidur nih soalnya kan tadi gue belum tidur. Bisa dibilang sih tidurnya gantian sama lisa. Lisa tidur malemnya, gue tidur paginya.

SAMPAI JUGA DI BANYUWANGI


Selamat siang Banyuwangi semoga menyenangkan :D
Stasiun Karang Asem, gue turun di stasiun ini karena tujuan utama yaitu ke kawah ijen. Katanya sih kalau mau ke ijen lebih dekat turun di stasiun ini dan setelah gue buktiin yaaap betul sekali.
Keluar dari stasiun gue bingung mau kemana, jujur aja gue belum sempat booking penginapan sama motor karena bingung -_-  tapi udah searching-searching sih jadi gak bingung-bingung amat hahaha
Rencana awalnya mau mampir di rumah singgah, eh pas mau masuk malah gak jadi. Terus malah ketemu lagi sama segerombolan cowo sunda yang di stasiun tadi *lah abaikan*
Jadinya gue putusin buat ke Toko Subur, pertamanya sepik mau jajan ujung-ujungnya mah tanya-tanya tentang penginapan. Eh Alhamdulillah ada yang kosong *sujud syukur*. Diajak masuk lah sama ibu dewi, sambil ngobrol-ngobrol tempat-tempat wisata. Terus di kasih saran, karena sampai banyuwangi siang mending habis ini ke Taman Nasional Baluran sampai sore, terus nanti malem baru ke Kawah Ijen.
Saran diterima………………………………………………………………………………………
Sewa kamar disini murah banget loh, saking murahnya sampe terharu aing #lolebaydel
Per kamar cuma Rp 50.000, sewa motornya Rp 75.000

Cus ke kamar, mandi, terus ke baluran dah. Kelar mandi kita langsung cus ke Baluran.
Emang lu tau del dimana? Jauh gak del? Kita lewat mana del?
Adel pun tidak tau tempatnya dimana, adel cuma modal google maps di hp :’)
Udah yang penting jalanin aja dulu, mungkin ini jalan yang terbaik. Lah beda cerita ini mah, ini bukan curhatan adel ya teman-teman
Perjalanan menuju Taman Nasional Baluran kurang lebih 1 jam. Jalanan nya enggak macet, enak bisa ngebut eh tapi bukan ngebut ugal-ugalan yaaaaaaaaaaaaaaa
Akhirnya sampai di Taman Nasional Baluran juga, beli tiket masuk harganya Rp 17.500/org.
Eh masih di depan si lisa udah enggak yakin mau masuk, katanya sih takut soalnya banyak monyet-monyet liar berkeliaran. Atau takut gara-gara bapak penjaganya bilang baliknya jangan malem-malem ya nanti takut kenapa-kenapa. Nah yaudah tuh si lisa jadi ketakutan.
Tapi gue mah tetep mau masuk aja soalnya penasaran, eh baru beberapa meter si lisa ngajakin balik awkwkwkwkwkwkwk yaudah balik deh kita jadinya. Tapi gapapa lah foto-foto di depannya juga udah cukup, udah nandain kalo kita udah ke Taman Nasional Baluran hahahaha maksa dah lu del.

Baluran

Baluran 1

Baluran 2

Baluran 3

Balik dah kita ke penginapan, eh pas mau balik ban kita bocor di jalan. Tukang tambal ban mana nih kok gak Nampak :”) tanya orang sekitar deh biar nemu tukang tambal ban nya. Dikasih tau katanya lurus aja ada di sebelah kiri, ketemu dah tuh tambal ban nya yang nambal pun masih kecil kayanya #wowsalut
Selesai nambal, perut keroncongan cari makan dulu kali yaaaaaa. Niat mau cari makan, malah mampir ke Grand Watu Dodol sebentar lebih tepatnya numpang foto sih. Maklum kita kan norak hahahahaha

Watu Dodol

Watu Dodol 2

Watu Dodol 3

Watu Dodol 4

Watu Dodol 5

Watu Dodol 6

Watu Dodol 7

Watu Dodol 8


Oke beneran cari makan, udah nyanyi-nyanyi mulu ini perut -,-
Lah ujung-unjungnya ini makan di daerah deket penginapan juga masa -_-

Sego tempong

Sego tempong 2

Sampai penginapan kita bingung ke ijen berdua nih? Berani gak? Malem-malem loh berangkatnya, masih berani juga?
Kita duduk-duduk di ruang tamu nya bu dewi, kali aja nanti dapet barengan buat ke ijen. Udah setengah jam nih duduk-duduk gak jelas, mulai bosan ke kamar aja kali ya? Eh gak lama ada 2 orang cowo, yang katanya mau ke ijen juga. Langsung dah kita basa-basi minta bareng serius bukan lenjeh
Sekarang masih jam 20:00, kita janjian jam 00:00. Masih sempat lah buat tidur semenit  dua menit.
Pasang alarm jam 22:00, liat dari jendela ternyata hujan deras. Dilanda galau dah, jadi gak nih kita ke ijen huhuhuhuuhuhu. Yaudah tidur dulu, mungkin bangun tidur muncul pelangi eh maksudnya udah enggak ujan lagi………………………
Bener aja pas gue bangun tidur udah enggak ujan, itu bangun tidur juga karena di telepon bu dewi dia tanya jadi ke ijen apa enggak? Gue jawab iya bu jadi, kita siap-siap dulu. Udah jam 23:00 si lisa masih tidur gue bangunin jam 23:30 aja deh kasian gak tega dia pules banget tidurnya.

13 Agustus 2016


Udah jam 00:00 nih masih duduk di ruang tamu penginapan, sekitar jam 00:30 kita berangkat menuju kawah ijen. Gue sama lisa boncengan berdua, dan ada ka adit sama mas nono yang nemenin perjalanan kita ke kawah ijen hehehehehehehe.
Perjalanan nya lumayan lah, ada tanjakan ada turunan juga. Baru seperempat perjalanan ternyata gerimis dan akhirnya hujan juga……………………………………………………………… terus kita neduh dulu sebentar.
Kayanya hujan gak akan berhenti nih kalo ditungguin terus, mending lanjut lagi dah yuk kita~
Kita lewat tanjakan yang lumayan nih, gue sama lisa Alhamdulillah bisa ngelewatinnya. Tapi kak adit sama mas nono, salah satu dari mereka mesti turun dulu wkwkwkwkwk mungkin karena motornya kali ya hahahahahhahahahahahahha. Jalanan nya gelap berkabut banget, harus tetep hati-hati yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Sampai juga kita di paltuding, bayar tiket masuk dulu ya jangan lupa. Bayar parkir Rp 3.000 dan Rp 7.500/org buat tiket masuknya.

And so the adventure begins!!!


5 menit pertama gue masih kuat kok, eh setelah itu gue ngos-ngos an gak kuaaaat huhuhuhuuhuuhuuu
Adel cemen banget dah pokoknya, gak kuat nanjaknya cemen!!!
Semenit jalan semenit berhenti semenit jalan semenit berhenti gitu aja terus sampe Jakarta turun salju.
Gak kuat aing, lambaikan tangan ke layar kaca……………………
Niatnya mau naik dorongan gitu semacam trolley, tapi gue mikir nya kasian ke abangnya mesti dorong beruang sampe atas gak tega, gak jadi naik trolley deh :”””)
Dari gue gak kuat, ka adit udah nawarin tas gue biar di bawain aja sama dia, gue sih masih sok sok kuat gitu. Dan sampai akhirnya gue gak kuat banget, dia nawarin lagi tas nya biar di bawain. Yaudah di bawain deh sama dia, thanks ya kak!! Karena gue gak kuat jalan ke atas, akhirnya gue jalan ke atasnya sambil mundur-mundur. Eh tapi serius kalo buat gue sih lebih enak jalan mundur-mundur gini sambil merem. Dasar adel aneh gak jelas udah abaikan ya gak penting.

SAMPAI JUGA DI ATAS


Wohooooooo udah di atas nih, dingin juga yah ternyata. Pengen lihat blue fire nya, karena hujan jadi gak keliatan begitu jelas. Tapi sempet keliatan kok blue fire dan kawah ijen nya sebentar.
Alhamdulillah……………………………………………………
Kawah
Kawah 2
Kawah 3
Kawah 4
Kawah 5


Akhirnya

Akhirnya 2

Akhirnya 3

Akhirnya 4

Akhirnya 5

Akhirnya 6

Akhirnya 7

Akhirnya 8

Akhirnya 9

Akhirnya 10

Akhirnya 11

Akhirnya 12


Setelah puas di atas, kita turun bareng-bareng lagi. Gue semangat deh kalo turunan mah, tapi terbalik dari gue si lisa malah kurang semangat buat turunnya. Kalo kata dia sih kakinya sakit kalo dibuat turunan.

Akhirnya 13

Akhirnya 14

Akhirnya 15

Akhirnya 16

Akhirnya 17

Akhirnya 18


Akhirnya 19

Akhirnya 20

Akhirnya 21

Akhirnya 22

Akhirnya 23

Akhirnya 24

Akhirnya 25

Akhirnya 26

Sampai di bawah sebelum kita pulang, kita sempetin buat makan dulu di deket paltuding. Selesai makan kita mencar, ka adit & mas nono masih mencari batu maklum anak teknik geofisika. Dan gue sama lisa pulang ke penginapan buat mandi terus istirahat.
Ternyata ban motor kita bocor lagi yang belakang, gak ada tambal ban di sekitar sini. Ampun deh gimana kita pulangnya? Jalan kaki gitu sampe penginapan? Hahaha gak ngerti lagi deh mesti ngapain ya ampun.
Akhirnya gue maksa tetep boncengin lisa dengan ban bocor, kalo gak gini gak pulang dong. Jalan pelan-pelan, kanan kiri hutan awkwkwkwkwk banyak turunan nih pas pulangnya, lisa takut jatuh diboncengin gue. Tapi gue tetep batu banget, maksa deh lebih tepatnya sampai pada akhirnya…

Ditengah perjalanan ada seorang bapak yang lagi naik motor juga, tanya ke dia deh : “pak, tukang tambal ban ada gak di sekitar sini?” kata bapak itu, tukang tambal ban jauh dari sini mesti turun sampai bawah dulu. Bapak itu akhirnya ngusulin biar motor kita di bawa pakai mobil pick up aja, karena dia abis naik ke ijen sama temennya, dan temennya itu naik pick up akhirnya motor kita di bawa mobil pick up.

ALHAMDULILLAH………….


Naik pick up

Naik pick up 2

Naik pick up 3

Naik pick up 4

Naik pick up 5

Naik pick up 6

Naik pick up 7

Naik pick up 8


Dan gue sama lisa naik pick up hehehehe bener-bener ini mah gak akan di lupain nemu orang baik di tengah hutan. Bapak yang bawa mobil ini kalau gak salah namanya bapak Tyson, dia orang medan yang kerja sekalian tinggal di bali, dan lagi ada kerjaan di banyuwangi ini. Dibawalah kita sampai tukang tambal ban, gak kebayang ya ternyata jalan ke tukang tambal ban jauh juga. Gimana kalau tadi gak ketemu orang-orang baik ini, jadi apa itu motornya bu dewi huhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhu
Sampai di tukang tambal ban, diturunin dah tuh motor kita. Bapak yang bawa motor tadi itu namanya pak remi, dia juga sekalian benerin kopling motornya. Kalau bapak Tyson dia langsung pamit mau pulang, sambil nunggu ban lagi di tambel kita ngobrol-ngobrol sama pak remi. Dia juga menetap di bali, lagi liburan di banyuwangi.
Wah ban kita udah selesai nih, diganti pakai ban baru. Eh ternyata pak remi bilang gak usah bayar, biar saya yang bayar

GAK NGERTI LAGI INI BENERAN ADA ORANG SEBAIK INI, GAK PAMRIH PULA YA ALLAH :”)


Saking terharu ketemu orang baik ini, sampai lupa minta kontak pak remi. Semoga bisa berjumpa lagi sama bapak remi ini ya  serius pak bukan minta di teraktir lagi tapi cuma silaturahmi aja
Akhirnya kita pulang beneran ke penginapan, sampai di penginapan kita bilang ke bu dewi kalau ban kita bocor ditengah hutan hehehe dia langsung panik gitu terus gimana pulangnya, kok gak telpon ibu aja? Terus kita bilang, udah di bantuin bapak-bapak, motornya di angkut naik mobil pick up.

Alhamdulillah…..


Mau kemana ya kita enaknya???? Akhirnya ibu dewi saranin mending nyebrang ke Gilimanuk aja, oke deh boleh juga itu idenya :D
Sekarang waktunya buat mandi sekalian istirahat sebentar, abis itu cuzzz jalan lagi deh yaaaaa
Selesai mandi kita langsung menuju Pelabuhan Ketapang, biaya sekali nyebrangnya untuk 2 orang dan 1 motor Rp 22.000 cukup terjangkau lah ya. Nyebrangya pun kurang lebih Cuma 1 jam doang.








Sampai di Pelabuhan Gilimanuk bali, kita ke pos polisi dulu terus di periksa SIM dan KTP. Karena bapak polisinya ngajak ngobrol dulu, yaudah kita masuk ke pos nya sekalian numpang neduh soalnya gak pakai jas hujan, sambil tanya-tanya yang jual ayam betutu enak dan halal dimana? Tempat beli oleh-oleh dimana pak? Terus di rekomendasiin untuk makan di ayam betutu bu lina, oke selesai tanya-tanya kita cabut deh ya, keburu malem nanti kalo ngobrol mulu *peace ya pak*.
Pas baru mau cari makan, eh ada pemeriksaan lagi sama pamong praja. Di periksa lagi KTP kita, ternyata KTP lisa belum E-KTP, dan gak di bolehin masuk ke dalem. Ya kali dah sia-sia gitu doang, terus nyebrang balik lagi ke banyuwangi? Lisa udah mulai kesel karena yang meriksanya agak genit, terus ketus gitu ngomongya ke yang meriksa. Katanya yang meriksa, yaudah berarti gak boleh masuk kalian. Laaaaaaaaaaah baper dah, yaudah terus lisa gue suruh jangan bt, terus gue nego dulu biar di kasih masuk sebentar doang kok pak cuma buat makan ayam betutu doang masa gak boleh sih? Tega bener,kita dari jauh loh :”) mungkin dia kasihan kali ngeliat beruang kelaperan, akhirnya di ijinkan lah masuk. Dengan catetan “KTP kalian saya tahan, nanti diambil lagi kalau mau pulang, tapi jangan sampai lewat jam 8 malem ya” oke siap laksanakan pak!!!!
Anak PR banget sih mainnya nego-nego an awkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

Horeeeeeeeee  saatnya cari makan kasian nih udah sore gini belum makan, terakhir makan tadi pagi itu juga pake mie instant doang huhuhuhuhuhuuhu. Ketemulah ayam betutu bu lina, Alhamdulillah enak dan halal pula. Perut kenyang hati pun ikut senang hahahhahahhaa. Selesai makan, kita mampir ke tempat oleh-oleh dulu, namanya juga wanita suka khilaf kalau lagi belanja :”)

Pelangi







Ayam betutu bu lina

Udah jam 7 nih pulang ah takut kemaleman, oh iya kan ktp masih di tahan balik lagi ah ke yang nahan KTP tadi. Eh ternyata yang nahan tadi sudah pulang, dan KTP kita kebawa sama yang nahan tadi. OMG gimana nih mau balik masa gak bawa KTP hfffffffffffffffffffttttttttttttttttttttt.
Akhirnya ada bapak pamong praja yang baik lupa namanya siapa, dia telponin bapak yang bawa KTP kita. Tapi sayang gak di angkat-angkat teleponnya,mungkin lagi di jalan kali ya? Terus gimana kita pulang nya dong :( ? Nunggu kurang lebih 1 jam di pintu masuk gitu, sambil terus di telepon dan akhirnya di jawab juga teleponnya dan dia minta maaf katanya lupa KTP kita kebawa di saku bajunya. Terus dia ngasih solusi gimana nanti saya kirim saja KTP nya pakai JNE? Wah gak bisa pak, saya pulang nanti malem jam 10 dan KTP nya di butuhin. Saya tunggu disini ya KTP nya, terima kasih. Padahal pulangnya besok pagi jam 5, serius gak maksud buat bohongin bapak :”).

Akhirnya di kasih solusi sama bapak yang baik, yang dari tadi udah berusaha buat telponin terus. Gimana kalau KTP nya dititipkan saja sama bapak yang kedapetan kerja shift nanti malem? Wah ide bagus tuh, akhirnya KTP kita dititipkan ke bapak yang satu lagi deh. Sambil nungguin bapak yang shift malem, kita ngobrol-ngobrol deh sama bapak-bapak yang lainnya. Ada satu bapak minjem motor ke gue, katanya buat beli rokok sebentar. Eh pulangnya malah bawain gue pocari, buat lisa big cola, lah makasih banget pak. Terus dia bilang minum dulu, tenang aja itu masih di segel kok, gak usah takut di racunin. Awkwkwkwkwkwkkwk kampret banget dah, terus gue minum deh biar lebih menghargai pemberian dia dan gue bilang iya pak saya minum gak mati kok hahahahhahhahahahahaha. Tenang pak saya gak takut di racunin kok, tadi pagi saya di tolongin sama orang bali juga. Dan sekarang ini bapak-bapak semua pada baik sama saya, mau nolongin saya sampe di beliin minum segala hehehehheehhe. Yang saya simpulkan sih, orang bali baik-baik, masa sama orang yang belum dikenal aja mau nolongin. Eh abis itu gue dibeliin cemilan lagi, kalau gak salah nama bapaknya kadek gitu. Inget banget gue di beliin Tanggo vanilla, sama kacang kulit Garuda. Anjir gue gak maksud buat jadi penjilat sumpah deh -_-

Akhirnya yang ditunggu datang juga, bapak yang shift malem dia datang bawa KTP kita. Kita pamit ke semua bapak-bapak pamong praja yang sedang bertugas, dan tidak lupa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya telah membantu mengembalikan KTP kita. Wasalammualaikum WR.WB.
Anjay gue ngetik apa barusan,resmi banget kayanya awkwkwkwkwkkwwkkwk






Sudah jam 9 kurang disini, dan kita nyebrang lagi deh balik oh iya harga nya masih sama Rp 22.000. Karena perbedaan waktu 1 jam, kita sampai di banyuwangi jam 9 juga dan langsung buru-buru ke penginapan. Soalnya belum packing kan besok mau lanjut lagi naik kereta. Sampai di penginapan, kita langsung balikin kunci motor dan buru-buru ke atas lanjut packing deh.

Selesai packing langsung pasang alarm, besok bisa bangun pagi gak ya kira-kira? Kalo gue sih udah yakin pasti gak kedengeran itu alarmnya. Kalo gue sih yakin lisa pasti bisa bangun pagi, dan bener aja dia bangun duluan. Pagi nya ujan lumayan agak deres, untung penginapan ke stasiun deket tinggal ngesot sebentar eh ralat jalan sebentar langsung sampe. Gak lupa pamitan sama ibu dewi sama bapak talib, ngucapin terima kasih. Makasih bu, makasih pak buat penginapan murahnya awkwkwkwk maklum mahasiswi, apalagi perempuan paling seneng sama yang murah-murah hahahhahahahahhahahaha

Pagi ini kita dari banyuwangi menuju MALANG naik kereta Tawang Alun.

Nanti cerita yang di malang beda lagi yaaaaaa, beneran capek ini ngetik banyak banget astaga kayanya gue curhat terlalu panjang deh, maaf kan ke alayan adel ya :”)
Karena gue cuma seorang perempuan yang kurang piknik awkwkwkwkkwkwkwkwkwwkkwkwwk byeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee :*


Total pengeluaran (tidak termasuk biaya oleh-oleh, soalnya pengeluaran oleh-oleh pasti beda semua)



11 Agustus 2016

Kereta Gaya Baru Malam, Jakarta – Surabaya                            Rp     104.000
Kereta Probowangi, Surabaya – Banyuwangi                             Rp       56.000
Jumlah                                                                                         Rp     160.000

12 Agustus 2016

Makan Popmie                                                                            Rp         6.000
Penginapan 2 hari di toko subur                                                 Rp       50.000
Sewa motor 1 ½ hari                                                                   Rp       62.500
Masuk Taman Nasional Baluran                                                 Rp       17.500
Tambal ban                                                                                  Rp         5.000
Masuk Watu Dodol                                                                     Rp         3.500
Sego tempong                                                                             Rp       12.000
Isi bensin                                                                                    Rp         8.000
Jumlah                                                                                        Rp     164.500


13 Agustus 2016

Beli bensin                                                                                Rp        7.500
Nyebrang bali pulang pergi                                                       Rp     22.000
Makan ayam betutu                                                                   Rp     32.500
Parkir motor di ijen                                                                  Rp        3.000
Masuk ijen                                                                               Rp        7.500
Sewa masker                                                                             Rp     15.000
Makan pagi bareng                                                                   Rp     42.500
Jumlah                                                                                    Rp     130.000



Jadi total pengeluaran selama di Banyuwangi Rp 454.500
Ini semua sudah termasuk biaya tiket Kereta Api dari
Jakarta - Surabaya
Surabaya - Banyuwangi







Ini cuma sekedar cerita jalan-jalan singkat, dan mulai sekarang gue bakal nge-share ke kalian semua.
Semoga kalian suka ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar